Wisata Gunung Bromo yang Indah dan Eksotis

, , Comments Off on Wisata Gunung Bromo yang Indah dan Eksotis

Bromo adalah nama salah satu gunung yang ada di Propinsi Jawa Timur dan menjadi ikon wisata propinsi di Pulau Jawa ini. Gunung Bromo juga merupakan salah satu gunung berapi nyang masih aktif sehingga terkadang gunung ini akan melepaskan kawah beberapa saat tertentu. Gunung Bromo menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi baik saat akhir pekan atau saat musim liburan. Wisatawan yang berkunjung ke Bromo tak hanya wisatawan  domestik namun juga wisatawan mancanegara.

Gunung Bromo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TBNS) yang berada di empat wilayah kabupaten yang berbeda yaitu kanbupaten Pasuruan, kabupaten Malang, kabupaten Lumajang dan kabupaten Probolinggo. Sehingga para wisatawan yang ingin sampai ke gunung Bromo bisa menempuh perjalanan dari empat pintu masukn taman nasional dari ke empat yang berbeda di atas. Gunung ini memiliki ketinggian lebih dari 2200 meter di atas permukaan air laut. Hal ini yang menjadikan suhu udara rata-rata di tempat ini hanya berkisar antara 2 hingga 20 derajat celcius.

Daya tarik wisata gunung bromo yang paling banyak diminati adalah pemandangan sunrise atau matahari terbitnya yang sangat menawan. Bahkan pemandangan matahari terbit di tempat ini dikenal sebagai salah satu pemandangan matahari terbit yang paling indah di Indonesia. Itulah sebabnya banyak wisatawan atau fotografer yang sengaja datang ke tempat wisata ini hanya untuk mengabadikan moment matahari terbit di atas puncak penanjakan gunung bromo ini saat melakukan bromo trip.

Namun, tak hanya pesona matahari terbitnya saja yang membuat banyak wisatawan betah berada di taman wisata ini. Daya tarik lain yang ditawarkan oleh kawasan wisata gunung bromo ini adalah lautan pasirnya yang luas yang dikenal dengan mitos pasir berbisiknya, sebab saat para wisatawan berada di lokasi ini mereka bisa merasakan adanya bisikan dari pasir yang memiliki luas sekitar 5000 hektar tersebut. Di samping itu, di sepanjang lautan pasir ini wisatawan bisa memilih untuk menaiki jeep atau merasakan sensasi berkuda dengan menyewa jeep atau kuda yang disewakan oleh orang di sekitar gunung bromo.

Selain itu, para wisatawan juga bisa mendaki ke puncak gunung bromo dan melihat langsung kawah gunung bromo yang sesekali masih mengepulkan asap. Dari ketinggian inilah para wisatawan juga bisa menyaksikan megahnya gunung semeru yang bisa terlihat dari ketinggian. Agar pemandangan yang dinikmati bisa sempurna, sebaiknya para wisatawan juga memperhatikan berbagai hal seperti waktum saat akan melakukan open trip ke bromo. Sebaiknya untuk ke bromo memilih waktu pada sekitar bulan Juni hingga Oktober, karena pada bulan ini merupakan musim kemarau sehingga pemandangan matahari terbit dan juga pemandangan gunung Semeru bisa terlihat dengan jeals tanpa tertutup awan.

Bagi anda yang tertarik melakukan perjalanan wisata ke Bromo, anda bisa memanfaatkan jasa yang menawarkan paket trip bromo yang banyak ditawarkan di sekitar wilayah ini. Harga yang ditawarkan untuk setiap paket tentu bergantung pada fasilitas yang ditawarkan. Bagi anda yang ingin menginap akan ada homestay yang bisa disewa selama anda menghabiskan waktu di tempat wisata ini. Selain itu, jika motor anda tidak bisa dipakai untuk mengelilingi lautan pasir, biasanya paket trip murah bromo juga ada yang menawarkan kuda maupun jeep untuk dipakai oleh anda melawati lautan pasir menuju penanjakan ke puncak bromo.

Nah, itulah ulasan singkat tentang gunung Bromo yang bisa menjadi review bagi anda sebelum memutuskan untuk memilih tempat berlibur. Terimakasih dan selamat membaca.