Apa Itu Air Tanah

, , Comments Off on Apa Itu Air Tanah

Air tanah yang dapat dicari dengan metode geolistrik, yaitu air yang ada dalam susunan tanah atau bebatuan dibawah permukaan tanah. Air tanah adalah satu diantara sumber daya air yang keberadaannya terbatas serta rusaknyanya bisa menyebabkan efek yang luas dan pemulihannya susah dikerjakan. Disamping air sungai serta air hujan, air tanah juga memiliki peran yang begitu utama terlebih dalam melindungi keseimbangan serta ketersediaan bahan baku air untuk kebutuhan rumah tangga dan untuk kebutuhan industri. Dibeberapa daerah, ketergantungan supply air bersih serta air tanah sudah meraih ± 70%.

Air tanah adalah semuanya air yang ada dibawah permukaan tanah pada lajur/zona jemu air (zone of saturation). Air tanah terbentuk datang dari air hujan serta air permukan, yang meresap (infiltrate) awal mula ke zona tidak jemu (zone of aeration) serta lalu meresap semakin dalam (percolate) sampai meraih zona jemu air serta jadi air tanah. Air tanah yaitu satu diantara faset dalam daur hidrologi, yaitu satu momen yang senantiasa berulang dari posisi step yang dilewati air dari atmosfer ke bumi serta kembali pada atmosfer ; penguapan dari darat atau laut atau air pedalaman, pengembunan membuat awan, pencurahan, pelonggokan dalam tanih atau tubuh air serta penguapan kembali (Kamus Hidrologi, 1987).

Dari daur hidrologi itu bisa dipahami kalau air tanah berhubungan dengan air permukaan dan komponen-komponen lain yang ikut serta dalam daur hidrologi termasuk juga bentuk topografi, type batuan penutup, pemakaian tempat, tetumbuhan penutup, dan manusia yang ada di permiukaan. Air tanah serta air permukaan sama-sama terkait serta berhubungan. Tiap-tiap tindakan (pemompaan, pencemaran dan lain-lain) pada air tanah bakal memberi reaksi pada air permukaan, begitu demikian sebaliknya.

Kenampakan karena air tanah yaitu seperti berikut :
1. Mata air yakni air yang keluar dari tanah
2. Geyser yakni semprotan dari dalam tanah yang menyemprot ke atas tanah. Geyser bisa berlangsung bila di dekat tanah ada gas.
3. Air Artesis/artosis yakni cekungan serta susunan batu-batuan yang bisa menahan air di bawah tanah seingga bisa berkumpul jadi cadangan air. Bila tempat letaknya lebih rendah dari cekungan air memiliki lubang (retakan) jadi air bisa keluar dari sumur yang dimaksud sumur artesis.